Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas I SDN ….Dalam Mengoperasionalkan Penujumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Berbantuan Benda-benda Kongkrit.

BAB I

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.  LATAR BELAKANG MASALAH

 

…………………………………………………………………………………… ddanseterusnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa….

Selama ini peneliti sudah menggunakan berbagai macam metode untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, tetapi hasilnya masih belum memuaskan. Agaknya memang strategi/pendekatan-pendekatan saja belum cukup untuk menghasilkan perubahan. Meier (2002 : 54) mengatakan bahwa belajar adalah berkreasi bukan mengkonsumsi. Pengetahuan bukanlah suatu yang diserap oleh pembelajaran, melainkan sesuatu yang diciptakan oleh pembelajar.

 

2

Pembelajaran terjadi ketika seseorang pembelajar  memadukan pengetahuan dan keterampilan baru kedalam struktur dirinya sendiri yang telah ada. Belajar berharfiah adalah menciptakan makna baru, sejauh ini pendidikan kita didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Untuk itu diperlukan strategi belajar baru yang memberdayakan siswa sebuah strategi belajar tidak mengharuskan siswa menghafalkan fakta-fakta tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan dibenak mereka sendiri.

 

Dalam upaya itu siswa perlu guru sebagai pengarah dan pembimbing. Dalam kelas tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuan. Maksudnya guru lebih banyak berurusan dengan strategi dengan alat bantu yang dikenal siswa disekitarnya, dari pada memberi informasi.memang pendidikan siswa kelas I Sekolah Dasar masih identik dengan dunia bermain, karena siswa kelas I belum dapat melepas keterkaitannya dengan pendidikan Taman Kanak-Kanak sebelumnya, karena itu benda-benda disekitar sekolah sangat membantu proses pembelajaran siswa.

Bertitik tolak dari latar belakang masalah di atas peneliti ingin meningkatkan kemampuan siswa kelas I Sekolah Dasar dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika dengan bantuan benda-benda kongkrit.

1.1. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH

1.1.1.      Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka perumusan masalahnya sebagai berikut: Bagaimana penggunaan benda-benda kongkrit mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN ……….. dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika.

1.2.2.   Pemecahan Masalah

Dengan bantuan benda-benda kongkrit disekitar sekolah siswa kelas I SD ….mampu mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika.

1.1.  TUJUAN PENELITIAN

Berpijak dari permasalahan yang diteliti maka tujuan  penelitian ini  adalah:

1.3.1        Meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan benda-benda kongkrit.

1.4. MANFAAT HASIL PENELITIAN

Dari hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat :

1.4.1. Siswa :

-    Mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika.

-    Mempermudah siswa mencari alat bantu pembelajaran dengan benda-benda kongkrit di sekitar Sekolah.

1.4.2. Guru Sebagai peneliti :

-                           Meningkatkan profesionalisme dalam bidang pendidikan.

-                           Menambah nilai angka kredit bagi golongan IV.a ke IV.b.

1.4.3. Lembaga

-    Memberi sumbangan yang berharga bagi lembaga bahwa benda-benda disekitar kita dapat dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran.

-    Meringankan beban lembaga karena benda-benda di sekitar kita mudah dicari dan tidak memerlukan beaya yang mahal untuk membelinya.

1.4.4. Orang tua siswa

-

4

Meringankan biaya orang tua siswa karena benda-benda di sekitar sekolah tidak harus membeli.

=========================================

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s