PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP

Upaya peningkatan kompetensi dan kualifikasi guru senantiasa terus dilakukan dalam
mengimplementasikan UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Guna
terwujudnya guru yang benar-benar kompeten dan berkualitas, penguasaan keempat
kompetensi guru yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi
sosial, dan kompetensi kepribadian perlu disinergikan. Sinergi keempat kompetensi
ini diharapkan akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang disajikan, prestasi
belajar siswa, maupun pengembangan diri guru yang tentunya akan berdampak pada
peningkatan kualitas pendidikan dalam skala yang lebih luas.
Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru pada kompetensi pedagogik butir 10 menyebutkan bahwa guru
harus melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Selanjutnya dijabarkan pada butir 10.3 yakni dengan melakukan penelitian tindakan
kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
Hal tersebut ditegaskan kembali pada kompetensi profesional poin 23 yang
menyebutkan bahwa guru harus mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan
dengan melakukan tindakan reflektif. Selanjutnya dijabarkan pada poin 23.3 yakni
melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Hal ini berarti
bahwa kompetensi guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah
tuntutan sekaligus kebutuhan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan
keprofesionalannya.

Materi lkengkap PenyusunanProposalPTKSMP2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s