PRESENTASI PTK-PTS

Disampaikan pada :

Kegiatan Bimbingan  Karya  Tulis Ilmiah

Tingkat  SD/SMP / SMA/SMK /MGMP/MKKS  Kabupaten Dompu

Propinsi Nusa Tenggara Barat

Oleh

Drs. Suaidin, Pembina Tk. I, IV/B Pengawas Madya

KASUS

1.Pak Burhan seorang guru, telah sering kali mengikuti bintek, workshop, seminar, dan berbagai pelatihan lainnya tentang PTK dari berbagai ahli.  Sudah banyak teori dan contoh-contoh PTK yang dibacanya. Tetapi sampai saat ini, belum satu pun PTK berhasil ditulisnya karena alasan sibuk dengan tugas-tugas di sekolah dan di masyarakat.
2.Berbeda dengan Bu Aminah,  seorang guru hanya sesekali saja mengikuti pelatihan PTK. Kemauan dan motivasi yang kuat untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas membuatnya melakukan berbagai inovasi dan pembaharuan dalam pembelajaran. Apa yang dilakukan tersebut ditulis dalam bentuk karya ilmiah.
Apa yang bapak/ibu ketahui tentang PTK?

Penelitian = menyelidiki/mencermati

Tindakan   = pemberian perlakuan

Kelas          = Sekelompok siswa yang mengalami masalah yang sama dalam pembelajaran

Jadi PTK adalah kegiatan guru menyelidiki/mencermati  tindakan yang diberikan terhadap siswa yang mengalami masalah yang sama dalam pembelajaran

ÒPenelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah laporan kegiatan nyata guru dalam memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran di kelas serta dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar.
mengapa PTK?

Guru perlu memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan  mutu pembelajaran di kelas  serta dialami langsung dalam interaksi antara gurudengan siswa yang sedang belajar karena kebutuhan siswa selalu berubah

Seorang  GURU PROFESIONAL

Memiliki tugas:

1.Menrencanakan pembelajaran
2.Melaksanakan pembelajaran
3.Menilai kemajuan siswa.
4.Mengevaluasi hasil penilaian
5.Merefleksi hasil evaluasi
6.Melakukan perbaikan berkelanjutan
Skenario pembelajaran  Penyusunan Laporan PTK

Kegiatan 1: 10 menit

Pendahuluan

Penjelasan tentang: Topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan.

Kegiatan 2: 60 menit

Tanya jawab dan diskusi contoh laporan PTK

1)Tanya jawab tentang contoh laporan PTK.
2)Diskusi tentang bagian-bagian laporan PTK.
3)Menyusun rangkuman tentang bagian-bagian laporan PTK.

Kegiatan 3: 120 menit

Latihan menyusun laporan PTK

Setiap peserta berlatih menulis draf laporan PTK.

Kegiatan 4: 10 menit

Penutup

Terstruktur

Melanjutkan latihan menyusun laporan PTK.

Mandiri

Mempelajari buku-buku sumber yang menjelaskan tentang penulisan proposal dan laporan PTK.

TUJUAN :

Peserta  diharapkan  dapat :

•Mengidentifikasi bagian-bagian dari laporan ptk
•Menyusun laporan ptk secara lengkap, jelas dan benar

Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan peserta mampu mengimplementasikan keterampilan:

Melaksanakan observasi.
Merumuskan masalah atau hipotesis.
Melaksanakan penelitian tindakan.
Mengevaluasi tindakan.
Merumuskan dan mempresentasikan laporan.

Standar Kompetensi

•Memahami teknik penyusunan laporan PTK

Kompetensi dasar ;

•Mengidentifikasi bagian-bagian dari laporan ptk
•Menyusun laporan ptk secara lengkap, jelas dan benar
TIGA KEG UTAMA  PTK

1. MEYUSUN USULAN /PROPOSAL

2. MELAKSANAKAN PTK

3. MENULIS LAPORAN HASIL PTK sebagai KTI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s